Allah sang Sutradara dan manusia pemainnya (Lakon Kahuripan)

Kadang saya merenung, kenapa saya tidak dijadikan orang yg kaya dan bahagia. Kadang saya berpikir kenapa ada orang miskin dan kaya. Ada yang dijadikan sangat bahagia, tapi juga ada yang dijadikan selalu banyak masalah. Ada yang diberikan kelapangan dada, dan ada pula yang dijadikan selalu dalam kesempitan. Ada yang wise dan ada yang sensitive. Ada si baik dan ada si jahat. Ada tampan dan cantik, namun ada pula si jelek dan buruk rupa. Kalo dipikir, apakah ini keadilan ? atau keseimbangan ?. Nafsu ini beranggapan bahwa Allah Maha kuasa untuk menjadikan semua makhluknya bahagia, kaya, tentram, dan soleh semuanya. Ternyata Allah tidak menggunakan keMaha-kuasanya intuk itu.

Ya…memang Allah adalah sang Sutradara, sang Dalang Agung. Menciptakan sang tokoh dan peran manusia yang berjuta – juta macam perannya. Memang sudah jelas didalam firmanNya bahwa Allah tidak melihat manusia dari jenis perannya, namun melihat dari keiklasan untuk memainkan peran dari ALLAH. Saya sadar, saya dilahirkan didunia ini hanya menjalani peran saya. Jadi saya hanya mohon kepada sang Dalang, mohon saya disupport dan diberi kekuatan Lahir dan batin, hingga saya bisa memainkan peran saya dengan baik.

Jaman sekarang ini banyak kita lihat seorang ibu membakar diri dan anak-anaknya. Seorang suami membunuh istrinya dan sebaliknya. Seorang kakek gantung diri di atap rumah. Apakah ini bagian dari naskah cerita dari sang Dalang? menurut saya tidak. Ini adalah gejala manusia tidak menyadari perannya dari Allah. Keputusasaan dari rahmat Allah hingga sang lakon tidak kuat menjalani peran dalam konser alam semesta ini.

Keiklasan dan bersyukur atas peran dari sang Dalang, akan membentuk sebuah gelaran pentas akbar di dunia menjadi indah.

Hanya dengan Rahmat Allah sbg sang Sutradara, maka kita akan kuat dengan penuh keiklasan menjalani peran kita.

One Response

  1. amin,sebuah perenungan yang “dalem..”
    mencoba belajar ikhlas dg sesungguhnya…….

    *numpang nulis neeh:) dari @ blog amatir”harumhutan.wordpress.com” salam kenal dan ukhuwah..heheh

Leave a Reply

