Kesadaran


Orang pingsan sering dikatakan tidak sadar, namun tetap hidup karena fungsi – fungsi jantung, paru-paru, dan darah masih baik. Kenapa dikatakan tidak sadar, karena kesemua inderanya tidak berfungsi dengan baik, misalnya telinganya tidak mendengar, matanya tidak melihat dll.

Manusia hidup harus dengan kesadaran. Sadar bahwa kita harus sehat, sadar harus bekerja dan berkarya, sadar atas tanggung jawab dalam hidupnya. Orang berkekurangan yang tidak berusaha, berarti orang tersebut tidak sadar kalau dirinya berkekurangan. Seperti halnya orang sakit tidak mau berobat, makannya tidak teratur dll, berarti orang tersebut tidak sadar akan sakit pada dirinya. Apakah kita pernah berpikir bahwa orang gila tidak sadar bahwa dirinya gila, maka orang gila susah untuk disembuhkan.

Manusia terdiri dari ruh dan nafsu. Kadang manusia bisa lebih mulia dari malaikat dan bisa juga lebih rendah dari binatang. Binatang punya insting untuk membunuh dan berburu mangsanya, Ya itulah binatang. Dan insting tersebut sebenarnya ada dalam diri manusia, yatu insting kebinatangan. Manusia yang sadar sebagai manusia yang diciptakan paling mulia diantara makluk yg lain tidak akan membunuh yang lainnya. Binatang ajah tidak membunuh sesamanya, namun manusia bisa. Ya membunuh manusia adalah bagian manusia yang tidak sadar.

Jaman sekarang ini dimana kesulitan ekonomi, semua kebutuhan pokok mahal membuat manusia banyak yang tidak sadar akan jati dirinya sebagai manusia.
Kesadaran manusia harus dimulai dari kesadaran jiwa, kesadaran jiwa yang bergantung hanya dan hanya kepada Allah yang mengatur hidup. Kesadaran membutuhkan ibadah sebagai media komunikasi kp pencipta, kesadaran bahwa semua hal yang ada dan terjadi di dunia ini adalah hanya kuasanya, lebih – lebih kesadaran spiritual. Kesadaran inilah yang akan membimbing manusia ke jalan menurut aturan Allah. Kesadaran inilah yang akan menggiring manusia menjadi manusia yang beraklak, berbudi dan bermartabat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: