Investasi Akhirat

Diantara kita pasti sudah banyak yang memiliki investasi. Yang namanya investasi adalah kebutuhan kenyamana, kebahagaan, kekayaan dan mungkin prestise di masa yang akan datang. Banyak pilihan investasi yang menggiurkan, seperti property, deposito, asuransi, reksadana, Forex, atau menyimpan sejumlah emas dan dolar di rumah atau di bank kita. Dan semua itu menjanjikan masa depan yang lebih baik untuk kita ataupun untuk anak – anak kita. Dan tentu saja investasi diatas bisa kita nikmati hanya sebatas di dunia.

Pernahkah kita berpikir, bahwa hidup kita di dunia hanya sebatas umur kita, dan tidak ada manusia abadi di dunia ini. Pernahkan terbayang dalam benak kita, seperti apa kita dalam kehidupan akhirat kelak? Dalam kemiskinankah ? Papah dan payah tak berdayakah ? atau dalam Kebahagian bersama Allah, bergelimang makanan dan minuman yang menyegarkankah ? Ya kita belum tahu pasti jawabannya. Ketidak tahuan dan ketidak pastian akan masa depan kita di akhirat tidak membuat kita hanya diam dan pasrah. Namun lebih dari itu kita harus menyiapkan investasi akhirat seperti halnya investasi di dunia. Tentu saja bentuknya akan beda dengan investasi di dunia. Yang namanya investasi, keuntungan akan terus bertambah walaupun kita tidak melakukan aktivitas apapun, walau raga sudah terpisah dg jasad, hanya berinvestasi.

Ada beberapa pilihan investasi akhirat yang akan saya rangkum dibawah ini, dan yang harus digaris bawahi bahwa keuntungan investasi akan terus bertambah walaupun kita tidak melakukan aktivitas apapun, walau raga sudah terpisah dg jasad, hanya melakukan investasi.

1. Amal Jariyah, yaitu berupa amal harta benda untuk kepentingan sarana ibadah. Misalnya amal beruba sajadah, karpet, semen untuk masjid, sandal musholah, sarung, amal untuk pendidikan agama dan masih banyak lagi. Selama karpet, sandal, sajadah dan masjid masih dipake sholat, maka pahalanya akan mengalir kepada kita yang beramal. Selama aktivitas pendidikan agama masih berjalan, pahala terus mengalir kepada kita walaupun dan meskipun kita telah berpulang kepada Allah. Ma naqosomalin min shodaqotin balyasdaat..balyasdaat, balyasdaat

2. Ilmu yang bermanfaat, Memberikan ilmu kepada orang lain yang bermanfaat, baik masalah dunia dan agama. Selama Ilmu yang telah kita berikan bermanfaat bagi orang tersebut dan kemaslahatan umat, maka pahala akan terus mengalir kepada kita walau kita sudah di alam akhirat.

3. Mendidik anak yang soleh,, Adalah keuntungan bagi yang punya anak dan bisa mendidiknya menjadi anak yang soleh. Anak yang soleh akan selalu mendoakan kita selama kita masih hidup maupun setelah kita wafat.

4. Mempunyai anak perempuan yang salihah, yang taat kepada suaminya, Masih ingatkah kisah Seorang ibu yang sakit dan sampai meninggal tidak ditengok oleh anak perempuannya, karena sang anak dapat pesan dari suaminya untuk tidak meninggalkan rumah sebelum suaminya kembali. Dan Rasulullah bersabda bahwa Sang ibu dihapuskan semua dosanya, karena punya anak perempuan yang taat kepada suaminya. Masya Allah.

5. Memanfaatkan Ramadhan semaksimal mungkin, Semua pasti mengetahui, bahwa dalam bulan puasa ini, semua amal ibadah akan diganjar berkali – kali lipat. Dan didalam bulan ini terdapat satu malam yang nilainya sama dengan ibadah selama 1000 bulan atau 83 tahun. Maksimalkanlah bulan ini sebagai investasi kita nanti di akhirat.

Boleh investasi di dunia, namun jangan lupa investasi untuk hidup abadi kita di akhirat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: